• UNPAR+

Tips Digital Marketing di Saat Pandemi COVID-19 (Bagian 1)

Diperbarui: 20 Jul 2021

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif pada hampir semua industri di Indonesia, dari usaha kecil hingga besar. Hal ini tidak pernah menjadi bahan pertimbangan risiko yang kita persiapkan sebelumnya, siapa yang mengira?



Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif pada hampir semua industri di Indonesia, dari usaha kecil hingga besar. Hal ini tidak pernah menjadi bahan pertimbangan risiko yang kita persiapkan sebelumnya, siapa yang mengira?


Khususnya hal tersebut dirasakan oleh sektor UMKM, dimana yang selama ini mereka mengandalkan penjualan harian dengan sistem produksi, stocking yang mungkin juga harian gara-gara pandemi ini membuat mereka mengalami penurunan permintaan dari pasar. Yap, hal tersebut wajar terjadi saat ini, karena kondisi sekarang sedang tidak normal (kalau kata orang menuju The New Normal).


Sebelum saya memberikan tips mengenai tips pemasaran digital yang efektif pada masa-masa seperti ini, maka ada beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui, sebagai landasan berpikir dan penerimaan yang sama.

Media digital bukanlah "Senjata Pamungkas". Bukan karena Anda akhirnya beralih menggunakan media sosial atau meningkatkan biaya iklan di media digital akan serta merta meningkatkan penjualan bisnis Anda. Bukan. Media digital adalah alat/ tool yang dikendalikan oleh Anda yang membuat perencanaan berdasarkan pengetahuan Anda. Jadi setiap orang dapat menggunakan cara yang berbeda dan pasti menghasilkan konversi yang berbeda-beda pula


Digital marketing yang efektif tidak dapat dipisahkan dari strategi bisnis yang Anda putuskan. Hal tersebut mencakup promosi, penyesuaian kemasan, kualitas produk, kecepatan distribusi dan banyak lainnya. Kalau Anda telah melakukan pemasaran digital dengan konsep yang keren tanpa diikuti dengan strategi harga yang tepat. Maka hal tersebut percuma juga


Hampir semua bisnis pada saat ini meningkatkan intensitas mereka pada pemasaran di media digital (dari usaha kecil sampai raksasa), artinya Anda harus memiliki strategi digital yang lebih baik lagi dibanding sebelumnya, karena Anda berada dalam kolam yang sangat penuh dengan ikan, semua bersaing meraih perhatian dari konsumen yang tidak terlalu banyak perubahan dari sisi permintaan, bahkan cenderung menurun.


Jadi, semoga dengan ketiga pernyataan diatas Anda mendapatkan pengertian tambahan sebelum kita beralih pada artikel berikutnya yang akan saya bahas tips apa saja yang harus Anda lakukan pada strategi pemasaran digital Anda pada masa pandemi Covid-19 ini. Jangan beralih, yuk lanjut ya.


Artikel dibuat oleh Dianta Hasri dan telah diterbitkan serupa di Kumparan

6 tampilan0 komentar