5 Skill Penting yang Perlu Kamu Kuasai di Era Industri 4.0

Dilansir World Economic Forum, berikut prediksi skill revolusi industri 4.0 yang paling dibutuhkan untuk tahun 2022. Tayang ulang dari @kumparanMILENIAL



Ilustrasi karyawan startup. Foto: Shutterstock.


Datangnya era revolusi industri 4.0 membawa banyak perubahan. Salah satunya cara bekerja, proses manufaktur, hingga keterampilan sumber daya manusia. Perubahan industri di dunia kerja pun mempunyai efek besar, khususnya pasar kerja di Indonesia.

Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) menyatakan bahwa akan ada jenis pekerjaan yang tidak berkembang bahkan 'hilang' seiring berkembangnya revolusi industri 4.0. Namun di di balik itu, akan muncul juga beberapa pekerjaan baru.

Karenanya, penting untuk melakukan penyesuaian agar bisa beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0. Salah satunya meng-upgrade keahlian (skill) yang dimiliki. Dilansir World Economic Forum, berikut prediksi skill revolusi industri 4.0 yang paling dibutuhkan untuk tahun 2022. Apa saja?


Kreativitas

Ilustrasi karyawan sedang brainstroming. Foto: Shutterstock.


Kreativitas menjadi salah satu dari tiga keterampilan teratas yang dibutuhkan pekerja. Dengan banyaknya produk, teknologi, dan cara kerja baru di era revolusi ini, para pekerja harus menjadi lebih kreatif untuk bisa beradaptasi.

Senior Writer, Formative Content di World Economic Forum, Alex Gray, menjelaskan bahwa robot memang membantu kita meraih tujuan dengan lebih cepat, namun ia tidak bisa kreatif seperti manusia. Itu artinya, kreatifitas diprediksi akan menjadi keahlian kunci di masa depan.


Desain teknologi dan programming

Ilustrasi pekerjaan UI/UX. Foto: Shutterstock.


Desain teknologi juga menjadi skill yang dibutuhkan. Ya, desain adalah salah satu faktor penting yang harus ada pada produk teknologi. Produk teknologi yang canggih dengan desain yang eye catching tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk produk tersebut.

Selain desain teknologi, profesi programmer juga naik daun di era industri ini. Profesi tersebut bisa meliputi front end dan back end. Front end merupakan orang yang mengusulkan tampilan dari sebuah website atau mobile aplikasi. Kita bisa menyebut front end adalah sampul dari sebuah buku.

Sedangkan back end adalah segala hal di balik layar yang berguna agar program berjalan sesuai rencana dan harapan. Skill ini memiliki cakupan yang luas karena kamu bisa bekerja sebagai database engineer, full stack developer, web/app developer, dan masih banyak lagi.


Kecerdasan emosional


Adanya emosi dapat mempengaruhi performa seseorang dalam melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan tertentu. Untuk itu, skill kecerdasan emosional (EQ) sangat dibutuhkan, terutama untuk seorang pemimpin atau manajer yang memiliki tugas untuk menjamin keberhasilan perusahaan.

Sebab, kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan seseorang untuk memahami, mengidentifikasi, dan berhasil mengelola emosi dalam diri dan orang lain. Pemimpin yang memiliki EQ yang tinggi dinilai lebih efektif oleh rekan kerja dan bawahan.


Manajemen personel

Ilustrasi leader. Foto: Shutterstock


Skill mengkoordinir orang lain akan terus dibutuhkan. Terlepas dari banyak pekerjaan yang diotomatisasi dan bagaimana artificial intelligence menjadi sangat maju, karyawan tetaplah asset perusahaan yang paling bernilai.

Selain lebih kreatif, manusia juga bisa saling mendukung atas ide atau energi orang lain. Namun menjadi manusia juga berarti kita bisa sakit, kurang termotivasi, atau terdistraksi oleh hal lain.

Untuk itulah penting bagi para pemimpin atau manajer untuk tahu bagaimana memotivasi tim dan memaksimalkan produktifitas dan merespon kebutuhan setiap anggota timnya dengan baik. Sehingga skill ini menjadi penting dan tetap akan dibutuhkan sampai kapan pun.


Berpikir kritis

Ilustrasi meeting. Foto: Shutterstock.


Meski di masa depan akan banyak digantikan oleh robot, berpikir kritis masih menjadi skill yang bernilai di masa depan. Bagaimanapun keahlian yang melibatkan logika dan alasan dapat menangani sebuah isu atau masalah, mempertimbangkan berbagai solusi, serta bisa mengukur pro dan kontra dari setiap keputusan.


Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan diri adalah terus belajar. Bila kamu tidak mampu kalau hanya mengandalkan diri sendiri untuk mengasah kemampuan, ada kalanya kamu butuh seorang mentor yang memberi arahan dan bimbingan.

Jangan sungkan untuk bertanya langsung kepada mereka dan sampaikan hal apa yang menjadi kendala. Kamu juga boleh sekalian memetik pelajaran dari pengalaman mereka sejauh ini. Carilah mentor sebanyak-banyaknya. Sebab, semakin banyak mentor, semakin besar pula kesempatanmu untuk memperoleh banyak ilmu.

Apalagi saat ini ada banyak penyedia pembelajaran online tersedia dengan rentang biaya yang bervariasi. Salah satu contohnya adalah UNPAR+ (UNPAR Plus, red), salah satu online learning provider yang memproduksi dan mengkurasi pembelajaran online dan sertifikasi profesional ini digunakan oleh banyak pekerja, pebisnis hingga perusahaan untuk mengembangkan kemampuan diri dan daya saing perusahaannya.

Mengapa Harus Memilih UNPAR+?

Berbeda dengan penyedia pembelajaran online lain, UNPAR+ menyediakan berbagai pembelajaran skill yang up to date namun dengan biaya yang terjangkau, karena salah satu visi mereka adalah bagaimana banyak orang dapat merasakan pembelajaran online berkualitas dengan harga yang terjangkau di mana saja, kapan saja.

Direktur UNPAR+, Dr. Budi Husodo, mengatakan bahwa UNPAR+ akan terus berkomitmen menciptakan lebih banyak produk pembelajaran online berkualitas dari online course, coaching hingga webinar.

“Hingga saat ini telah banyak praktisi, ahli dan organisasi pendidikan dari dalam dan luar negeri yang telah berkolaborasi dengan UNPAR+ untuk memproduksi sebuah produk pembelajaran yang berkualitas. Semuanya tersedia untuk umum, perusahaan, organisasi yang mau terus belajar,” katanya.

UNPAR+ juga membuka kerjasama B2B untuk pembelajaran pegawai, baik menggunakan online course yang tersedia atau bekerjasama merancang produk pembelajaran sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pada 28 Oktober 2021 lalu UNPAR+ baru saja merayakan satu tahun keberadaan mereka di Indonesia dan selama itu mereka telah berhasil memberikan pembelajaran kepada lebih dari 10.000 user yang tersebar di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. UNPAR+ juga menyediakan berbagai online course dengan harga yang terjangkau, bahkan masih ada yang diberikan secara gratis dan promo hingga 50 persen.

Penasaran, ingin mencoba meng-upgrade skill kamu? Yuk kunjungi www.unparplus.com untuk melihat berbagai macam produk online course yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dapatkan juga penawaran menarik bila membelinya melalui e-commerce Blibli.com.



13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua